Ideologi NU


Definisi

Kader Penggerak Nahdlatul Ulama adalah kader yang dengan segala daya upaya menggerakkan, membangun dan memajukan jam;iyah agar dapat menjalankan fungsi fungsinya sebagai bagian dari pengabdian, dedikasi dan tanggung jawabnya untuk memperjuangkan cita-cita Nahdlatul Ulama’ sebagai penegak, pemelihara dan pengembang paham Islam Allussunnah wal jama’ah, pembela Pancasila, UUD 1945, dan penyangga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


GERAK PERJUANGAN NU

            Sebuah Organisasi yang lahir pada masa Kebangkitan Nasional, sebuah gerakan perjuangan melawan penjajah dengan ideolodi kapitalis imperialis serta merespon gerakan wahabi internasional. NU berusaha membangun masyarakat Islam Ahlussunnah wal jama’ah di bumi Nusantara untuk mewujudkan Indonesia yang makmur adil dan sejahtera. Dalam melakukan perjuangan ini NU memiliki prinsiip, konsep serta setrategi sebagai pegangan dalam melakukan perjuangan.



I. KREDO PERJUANGAN

Banyak pemimpin NU di daerah-daerah dan juga dipusat yang tidak yakin akan kekuatan NU, mereka lebih meyakini kekuatan golongan lain. Orang-orang ini terpengaruh oleh bisikan orang yang menghembuskan propaganda agar tidak yakin akan kekuatan yang dimilikinya.
            Kekuatan NU itu ibarat senjata adalah meriam, betul-betul meriam. Tetapi digoncangkan hati mereka oleh propaganda luar yang menghasut seolah-olah senjata itu bukan meriam, tetapi hanya gelugu alias pohon kelapa sebagai meriam tiruan. Pemimpin NU yang tolol itu tidak akan sadar siasat lawan dalam menjatuhkan NU melalui cara membuat pemimpin NU ragu-ragu akan kekuatan sendiri.


II. UNSUR PERJUANGAN

1.      Mitos                     : Yakin bahwa NU merupakan organisasi terkuat dan terbesar di Indonesia          dan di Dunia
2.      Logos                     : Memiliki hujjah,konsep,metodologi, serta strategi perjuangan yang matang dan integral.
3.      Etos                       : Memiliki ghiroh, semangat, kemauan,kemampuan, serta konsistensi dalam perjuangan.



PRINSIP PERJUANGAN

1.      Mempunyai risalah (agenda)
2.      Musyawarah
a.       Menentukan risalah
b.      Menentukan organisasi dan strategi
c.       Kepemimpinan
3.      Istikharah



TRILOGI PERJUANGAN

1.      Sadar akan prinsip kita sendiri
2.      Sadar akan prinsip orang lain
3.      Sadar akan situasi dan kondisi


KEPEMIMPINAN PERJUANGAN

1.      Menguasai dan mengamalkan ilmu secara konsekuen
2.      Berpandangan luas dalam bidang kemasyarakatan

3.      Memiliki JIWA panglima

Oleh : AHMAD MUDLOFI,S.Ag. M.Hi

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment